2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli
(toleransi, gotong
royong),
santun,
percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkanperilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan
(faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait
fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari ungkapan persetujuan, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.3
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan himbauan
melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyuruh dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari teks label
obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial teks prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep
dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang sedang dilakukan/terjadi pada
saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang sudah/telah dilakukan/terjadi
di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.10 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan
sebab akibat dan hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks naratif
berbentuk cerita
rakyat, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.12 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.13 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks
ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan
sosial, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran
lain di Kelas IX.
3.14 Menyebutkan struktur teks,
unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks iklan produk dan jasa, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.15 Memahami fungsi sosial dan
unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana untuk mengucapkan dan merespon
ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon
ungkapan persetujuan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan dan himbauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
maksud dan tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
suruhan dan larangan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menangkap
makna label obat/makanan/minuman, sangat pendek dan sederhana.
4.7
Menangkap
makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana.
4.8
Menyusun
teks prosedur, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, berbentuk resep dan manual, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
sudah/telah dilakukan/terjadi di
waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12 Menangkap makna teks naratif, lisan dan tulis, berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana.
4.13 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (report) lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.
4.15 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, benda,
gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.16 Menangkap makna dalam teks iklan produk dan jasa, sangat pendek dan sederhana.
4.17 Menangkap makna lagu.
|
EmoticonEmoticon