2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1.
Menunjukan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komuknikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan
melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin,
serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.5
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang
dalam jumlah yang tidak tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.7
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/berlangsung saat ini, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan
kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbadingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan
dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.12 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan,
kejadian, dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.13 Menerapkan struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14 Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk fabel, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.15 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
kemampuan dan kemauan melakukan suatu
tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menangkap makna undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana.
4.5
Menyusun teks tulis undangan
pribadi dan ucapan selamat (greeting
card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.8
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat ini, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat
orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
4.12 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14 Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
4.15 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.16 Menangkap makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana.
4.17 Menyusun teks tulis pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.18 Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek dan sederhana.
4.19 Menangkap makna lagu.
|
EmoticonEmoticon