KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli
(toleransi, gotong
royong), santun,
percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari,
waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
3.4
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan
jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
3.6
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label
nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.7
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang,
benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
untuk menyatakan dan menanyakan tingkah
laku/ tindakan/fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.11
Memahami fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagu.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama
hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun, dengan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana.
4.5
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati
diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7
Menyusun teks tulis label nama (label)
dan daftar barang (list), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.8
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat
orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.9
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah
laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10
Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.11
Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.12
Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana.
4.13
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks.
4.14
Menangkap makna lagu.
|
EmoticonEmoticon