Tes Akhir Modul atau TAM Pengembangan Profesi Guru merupakan salah satu soal yang harus diselesaikan oleh mahasiswa setelah selesai pendalaman materi modul Pengembangan Profesi Guru.
Selain membuat resume, mahasiswa juga harus mengerjakan soal pretest sebelum memulai mempelajari modul, soal-soal test formatif, serta test akhir modul.
1. Baca dengan seksama informasi berikut:
1) Memiliki suatu keahlian yang khusus.
2) Diambil sebagai pemenuhan panggilan hidup.
3) Memiliki teori-teori yang baku secara universal.
4) Memiliki bakat, minat, panggilan, dan idealisme.
5) Memiliki kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas.
6) Menampilkan Perilaku yang Mendekati Standar Ideal
7) Meningkatkan dan Memelihara Citra Profesi
8) Memanfaatkan setiap Kesempatan Pengembangan Profesional
9) Memiliki Kebanggaan Terhadap Profesinya
10) Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas.
Motivasi instrinsik yang dapat dilihat dari etos kerja seorang guru profesional ditunjukkan pada nomor…
A. 1), 2), 3), 4)
B. 1), 3), 4), 5)
C. 6), 7), 8), 9)
D. 4), 5), 6), 7)
E. 1), 5), 7), 10)
2. Pada UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menempatkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional sangat urgen. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) berfungsi untuk …
A. Meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional.
B. Melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional
C. Mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
D. Meningkatkan dan memelihara citra profesi
E. Meningkatkan kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas
3. Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional, dibuktikan dengan …
A. Ijasah akademik pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat
B. Mengikuti pendidikan dan pelatihan
C. Peran sebagai agen pembelajaran
D. Sertifikat pendidik
E. kompetensi
4. Baca lah informasi berikut:
1) Belajar tanpa batas sesuai minat
2) Keterampilan belajar mandiri (self-motivated learning)
3) Banyak belajar dari berbagai sumber (cetak maupun elektronik)
4) Berpikir analitis dalam penyelesaian masalah
5) Kreatifitas dan inovasi
6) Komputer dan literasi Teknologi
Informasi dan Komunikasi Keterampilan penting abad 21 yang sangat relevan menjadi orientasi pembelajaran di Indonesia adalah…
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3 dan 4)
D. 1) dan 5)
E. 4) dan 6)
5. Dalam penyelenggaraan pendidikan berkualitas, yang memegang peranan sangat penting adalah sumberdaya manusia, dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan. Faktor yang paling esensial dalam proses pendidikan adalah manusia yang ditugasi dengan pekerjaan untuk menghasilkan perubahan yang telah direncanakan pada anak didik. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan …
6. Kode Etik Guru Indonesia adalah norma dan asas yang disepakati dan diterima oleh guruguru Indonesia sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota masyarakat, dan warga negara. Satu diantara 10 Kode Etik Guru di bawah ini adalah …
A. Aktif dalam organisasi guru (PGRI)
B. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya.
C. Mengkritisi kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan
D. Menjaga jarak hubungan baik dengan orangtua siswa dan masyarakat sekitarnya
E. Membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak
7. Pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru pembelajar (PPGP) mencakup kegiatan perencanaan yang diawali dari hasil evaluasi diri, Uji kompetensi guru (UKG), dan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) oleh Kepala Sekolah dan/atau tim penilai sekolah pada pelaksanaan pembelajaran di kelas dan tugas lainnya. Manfaat dari hasil evaluasi diri adalah …
A. Guru berhasil membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seeutuhnya yang berjiwa pancasila
B. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional
C. Guru memperhatikan peserta didik dalam belajar
D. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan meningkatkan mutu dan martabat profesi
E. Guru mampu meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian untuk pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada pengembangan kariernya.
8. Penilaian Kinerja (PK) Guru merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK Guru merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya. PK Guru dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan, kompetensi yang dijadikan dasar untuk penilaian kinerja guru adalah kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Pernyataan yang tepat berdasarkan pernyataan di atas adalah …
A. PK Guru merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan kesejahteraan guru
B. PK Guru sebagai acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru
C. PK Guru merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik selama proses pembelajaran
D. Kompetensi yang dijadikan dasar untuk penilaian kinerja guru adalah kompetensi profesional
E. PK Guru yang paling besar nilainya adalah Publikasi Ilmiah, Karya Inovatif
9. Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan secara umum. Yang termasuk kategori publikasi ilmiah adalah…
A. Presentasi pada forum ilmiah dari hasil penelitian atau gagasan ilmu bidangpendidikan formal.
B. Pengembangan kurikulum, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pengembangan bahan ajar
C. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
D. Penemuan teknologi tepat guna dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran
E. Secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya
A. Untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas
B. Untuk peningkatan kualitas praktik pembelajaran di kelas secara terus-menerus
C. Untuk meningkatkan sikap profesional pendidik
D. Untuk peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan
E. Untuk peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan, peningkatan atau perbaikan proses pembelajaran
12. Karya tulis ilmiah adalah tulisan yang disusun berdasarkan fakta atau analisa, disajikan dengan menggunakan bahasa baku dan memberikan informasi yang bersifat obyektif dan rasional. Untuk memahami lebih mendalam tentang karya tulis ilmiah, setidaknya perlu dipahami karakteristik penulisannya. Dengan memahami hal ini, dapat memberikan bekal bagi kita untuk dapat membedakannya dengan karya tulis lainnya, Yang bukan termasuk karakteristik penulisan karya ilmiah adalah …
EmoticonEmoticon