Silabus
Sekolah : SMP
Kelas / Semester :
VII / 2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
MateriPokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get
things done ) dan interpersonal (berso-sialisasi ) yang menggunakan ragam
bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk ber-interaksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tin-dak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi
barang serta meminta dan memberi fakta
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get
|
Contoh:
A : Pass me the pencil, please!
B : sure. Here
you are.
A : Give me a
piece of paper please!
B : sure,
here you are
A : Did you come
here yesterday?
B : I did.
Contoh :
A : What do you
think?
B : Not bad.
A : I
like tea.
B : I dont. I
like milk.
A: Are you sure?
B: Iam
A: Are you?
B: Yes, Iam
|
1. Tanya jawab yang terkait dengan materi secara cermat dan kreatif .
2. Membahas kosa kata dan tata bahasa : noun phrase,
adjective, adverb, verb yang terkait dengan meminta dan memberi jasa, meminta
dan memberi barang, meminta dan memberi fakta dengan
cermat .
3. Mendengarkan percakapan yang terkait sesuai dengan materi dengan cermat .
4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi percakapan dengan kreatif , inovatif dan cermat.
5. Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan dengan kreatif dan
inovatif
1. Mendengarkan dan merespon introduction
tentang topik materi yang akan disampaikan dengan teliti
dan cermat
2. Mendengarkan dan merespon penjelasan kosakata dan tata bahasa
tentang topik materi yang akan dipelajari dengan
cermat
|
Merespon ungkapan ungkapan
· Meminta dan memberi jasa dengan
cermat
· Meminta dan memberi barang dengan cermat dan
inovatif
· Meminta dan memberi fakta dengan
cermat
Merespon ungkapan-ungkapan :
· Meminta dan memberi pendapat dngan cermat kreatif
· Menyatakan suka dan tidak suka dengan cermat
· Meminta klarifikasi dengan
cermat
· Merespon secara interpersonal dengan cermat dan teliti .
|
Tes lisan
Tes tertulis
Unjuk kerja
Tes lisan
Tes tulis
|
Merespon ungkapan l
Merespon tindakan
Merespon ungkapan lisan
Pilihan ganda
|
Listen to the expressions and respons to it.
Listen
to the expressions and match it the suitable response.
Pass me the pencil, please!
Respond to the following expression orally.
A: What do you think?
B: Not...........
A: What do you like
to drink?
B: .................
Listen to the expression and choose the best option
A: Are you sure?
B: ...................
a.
Ok b. Fine
b.
Alright d. Iam
|
2x40 menit
|
Script
Bahan-bahan
rekaman (kaset, CD, VCD)
Buku guru
Script percakapan di buku teks
Rekaman
percakapan dalam kaset, CD, DVD, film
Rekaman percakapan
otentik
|
· Kreatif
· Inovatif
· cermat
|
Kompetensi
Dasar
|
MateriPokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
things done ) dan interpersonal
(berso-sialisasi ) yang meng-gunakan ragam ba-hasa lisan sangat se-derhana
secara akurat, lancar dan berterima untuk
ber-iteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tin-dak tutur
: meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta
klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
|
3. Mendengarkan percakapan transaksional
dan interpersonal tentang topik materi yang akan dipelajari dngan cermat
4. Mengidentifikasi tindak tutur ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan dengan cermat dan kreatif
5.
Merespon ungkapan-ungkapan yang
diperdengarkan dengan percaya diri.
|
· Kesantunan dengan
sopan
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Melengkapi
|
B: ............
Listen to the questions / expressions and complete the
sentences.
A:could you
open the door
for me?
B: .........
A: Sorry I’m
Late.
B: .........
|
2x40
menit
|
· Kreatif
· Cermat
· Percaya diri
|
Standar
Kompetensi : 8. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
8.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Contoh:
·
Teks fungsional pendek berupa:
-
Instruksi
-
Daftar barang
-
Ucapan selamat
-
Pengumuman
·
Kosakata terkait tema dan jenis teks
·
Ciri kebahasaan teks fungsional:
-
Instruksi
-
Daftar barang
-
Ucapan selamat
-
Pengumuman
|
1. Brain storming tentang kosakata yang terkait dengan
materi dengan berpikir logis dan kritis.
2. Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang
berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase dengan cermat.
3. Mendengarkan teks fungsional yang emnggunakan
gambit-gambit attention please, excusme,
sorry dengan cermat
4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks yang di
dengar dengan berpikir logis dan kritis .
5. Menjawab pertanyaan tentang struktur teks fungsional
yang didengar secara kreatif dan inovatif
|
· merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek
berupa:
- Instruksi
-
Daftar benda/ barang
- Ucapan selamat
- Pengumuman dengan
berfikir logis dan kritis .
Menentukan
fungsi komunikatif teks yang di dengar dengan cermat
Menentukan
ciri kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar dengan cermat. .
|
Tes lisan
Tes
tertulis
Unjuk
kerja
|
·Pertanyaan
· Pilihan ganda
· Melengkapi
· Melakukan perintah
|
Listen to the text and answer the
questions
Listen to the text and choose the best
options
Listen to the text and complete the
sentences.
Listen to the instructions and do it !
|
4x40 menit
|
Script di buku guru tentang:
- instruksi
- daftar barang
- ucapan selamat
- pengumuman
Rekaman
|
· Kreatif
· Inovatif
· Berpikir logis dan kritis
|
8.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam monolog
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat dengan teks berbentuk descriptive dan procedure
|
Contoh:
·
Teks monolog berbentuk :
- Deskriptif
- Prosedur
·
Kosakata terkait tema/jenis teks
·
Ciri kebahasaan teks deskriptif dan prosedur
·
Langkah retorika teks deskriptif/prosedur
|
1. Mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait tema/jenis teks
yang dibahas
dengan cermat dan seksama .
2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang mungkin
muncul dalam makna yang tersurat dalam teks deskriptif dan prosedur dengan seksama dan
tanggung jawab.
3. Mendengarkan model monolog teks descriptive/prosedur dengan
cermat.
4. Menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks yang
didengar dengan kreatif dan inovatif.
5. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar dengan kreatif
dan inovatif.
6. Mengidentifikasi kata kerja dari
teks yang didengar dengan cermat dan
inovatif.
7. Mendengarkan teks deskriptif/prosedur lainnya dengan cermat dan teliti .
|
·
Merespon informasi
dalam teks lisan monolog berbentuk:
- Deskriptif
- Prosedur dengan cermat dan
seksama .
·
Menentukan ciri
kebahasaan teks yang didengar dengan cermat dan
berfikir logis .
·
Menentukan fungsi
komunikatif teks yang didengar dengan
cermat .
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
|
Pertanyaan
lisan
Pilihan
ganda
T/F
Completion
Tugas rumah
|
Listen and answer the following questions!
Listen to the text and
choose the best answer by crossing a, b,c, or d
Listen and make a draft of
retelling descriptive/procedure text.
|
4x40
menit
|
Script teks monolog deskroptif/prosedur dalam buku guru
Rekaman
teks monolog deskriptif/monolog
|
· Seksama
· Tanggung jawab
· Kreatif
· Inovatif
|
Standar Kompetensi : 9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur
meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi
fakta.
|
Contoh:
A : Pass me the
pencil, please?
B : Sure. Here
you are.
A : Give me the
paper, please?
B : Sure, here it is
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan percaya diri dan bersahabat komunikatif .
2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, adjective, adverb, noun phrase dengan cermat dan kreatif .
3. Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam
percakapan sesuai materi dengan percaya diri dan lugas
4. Berlatih dengan teman
menggunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi dengan sopan dan
bekerja sama.
5. Bermain peran menggunakan ungkapan yang telah
dipelajari dengan percaya diri.
|
·
Bertanya dan menjawab berbagai informasi :
- Meminta dan memberi jasan
- Meminta dan memberi barang
- Meminta dan memberi fakta dengan
sopan dan percaya diri serta bersahabat komunikatif .
|
§
Tes
Lisan
|
Performance
Merespon ungkapan
Bermain peran
|
·
Perform the dialogue
with your friend in front of the class
·
Listen to the
expression and respond to it, example :
1. Pass me the
salt, please!
2. Give me the paper, please!
· Create a dialogue based on the role cards and perform
it.
|
2x40 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks yang relevan
· Alat peraga
|
· Sopan
· Bekerja sama
· Percaya diri
|
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done)dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
yang melibat-kan tindak tutur : meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka
dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
|
Contoh :
A. What do you think of this?
B. Not bad.
A. I like tea
B. I dont.
A. Are you sure?
B. Iam
A. Do you?
B. I do.
|
1. Mendengarkan dan memberi respon pertanyaan tentang topik materi yang akan
disampaikan dengan cermat dan seksama .
2. Mendengarkan dan merespon pembahasan tentang kosakata dan tata- bahasa yang terkait dengan topik materi yang akan
disampaikan dengan cermat .
3. Mendengarkan model per-cakapan transaksional dan
interpersonal dengan topik materi yang dipelajari secara cermat dan seksama
4. Menirukan model percakapan transaksional dan interpersonal
dengan topik materi yang dipelajari dengan
percaya diri .
5. Melakukan percakapan transaksional dan interpersonal
dengan teman dengan materi yang dipelajari
dengan percaya diri.
|
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai informas I dengan cermat, seksama dan percaya diri:
·
Meminta dan memberi pendapat
·
Menyatakan suka dan tidak suka
·
Meminta klarifikasi
·
Merespon secara interpersonal
|
§
Tes
lisan
|
Performance
Daftar pertanyaan
Bermain peran
|
Perform a dialogue about asking and giving information
with your own words!
Answer the following questions orally!
Create a dialogue based on the role cards and perform it.
|
4x40 menit
|
Script percakapan
dalam buku teks
Script otentik
Rekaman percakapan
Alat peraga
|
· Cermat
· Seksama
· Percaya diri
|
Standar Kompetensi : 10. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
10.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
|
Teks Fungsional pendek berbenruk:
·
Intruction
·
Shopping list
·
Greetings
·
Announcement
|
1.Tanya jawab yang
berkaitan
dengan materi dengan percaya diri dan kreatif .
2.Membahas kosakata dan tata
bahasa: noun, noun phrase,
adj, verb, adverb dengan kerjasama .
3.Menirukan ungkapan
ungkapan yang
digunakan
dalam
percakapan sesuai
materi dengan kreatif
4.Mendengarkan teks fungsional
Pendek dengan cermat .
5.Menjawab pertanyaan tentang
isi teks yang
didengar dengan
kreatif
6.Menggunakan ungkapan
ungkapan yang
ada dalam
percakapan
sesuai materi
dengan teman
berpasangan
dengan kreatif dan kerjasama.
7.Menggunakan ungkapan
ungkapan sesuai
dengan
materi dalam
keadaan/situasi
nyata dengan percaya diri.
|
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek berbentuk
:
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan selamat
Dengan percaya diri dan kreatif .
1.Memberi instruksi dengan
jelas dan sopan .
2.Menyebut daftar
benda dengan cermat dan jelas .
3.Mengucapkan
selamat dengan sopan .
4.Mengumumkan sesuatu dengan percaya diri..
|
Tes lisan
|
§ Performance
|
·
Give instruction to
your friend orally based on the picture.
·
Make a list of things
you find in...
·
Announce a certain
information to your friend
·
Congratulate your
friend on his/her success
|
4x40 menit
|
1. Script percakapan dari Buku teks
2. Alat
Peraga
|
· Kreatif
· Percaya diri
· Kerjasama
· Cermat
· Jelas dan santun
|
|
10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek
sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
dalam teks berbentuk descriptive/procedure
|
1. Teks monolog berbentuk :
Descriptive/procedure
2. Kosakata terkait tema/jenis teks.
3. Ciri kebahasaan teks deskriptif/prosedur
|
1. Mendengarkan dan memberi respon berbagai hal tentang teks deskriptif/prosedur dengan cermat .
2.
Memperhatikan dan merespon
penjelesan tentang kosakata dan tata bahasa dalam teks monolog
deskriptif/prosedur tentang Dea/How to
make a cup of tea.dengan cermat
3.
Mendengarkan model monolog lisan
tentang teks deskriptif/prosedur dengan cermat
4.
Mendiskusikan dalam kelompok draft
monolog mendeskripsikan kembali, menyampaikan prosedur dengan kata-kata
sendiri secara
cermat dan kerjasama.
5.
Melakukan monolog lisan secara
individu secara
mandiri dan percaya diri.
|
1. Mengungkapakan berbagai informasi dalam teks monolog
berbentuk : deskriptif/prosedur dengan
kreatif
2. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar dengan jelas dan cermat .
3. Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar dengan teliti .
4. Melakukan monolog dalam bentuk deskriptif/prosedur dengan cermat dan kerjasama
.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
Performance
|
Answer the following questions orally
Describe something/someone with your own words orally in front of the class
Tell your friends how to do something (make a cup of tea)
|
4x40 menit
|
Script monolog teks deskriptif/prosedur
dalam buku teks
Script otentik
Rekaman
Monolog
Alat peraga
|
· Cermat
· Kerjasama
· Percaya diri
· Mandiri
|
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
11.1
Merespon makna terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan
terdekat.
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan selamat
- Pengumuman
|
- Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan
kreatif .
- Membahas kosakata dan tata bahasa :
noun, noun phrase, adj, verb, adverb dengan cermat dan teliti .
- Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru dengan cermat .
- Berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan bacaan secara demokratis
- Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan individual dengan kreatif
- Membaca nyaring bergiliran dengan cermat dan percaya diri.
|
· Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa:
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan selamat
- Pengumuman
Dengan
jelas .
· Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek secara cermat .
· Membaca nyaring teks fungsional pendek secara
jelas dan cermat .
|
Tes tulis
Tes lisan
Esai
|
Pertanyaan
Esai
Pertanyaan bacaan
Performance
|
- Write down the answers completely
- Choose the best answer by crossing
a, b, c, d
- Answer the questions orally!
- Read the text aloud
|
2x40 menit
|
Buku teks yang relevan
Teks
otentik
|
· Demokratis
· Percaya diri
· Kreatif
· Cermat
|
11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara
akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Dalam teks berbentuk deskriptive/procedure.
|
Teks monolog berbentuk deskriptive/procedure
Kosakata
terkait tema/jeni teks
Ciri
kebahasaan teks :
- Procedure
- Descriptive
|
1.
Mendengarkan dan merespon introduction
tentang teks deskriptif/prosedur dengan topik materi yang akan dibaca dengan cermat .
2.
Memperhatikan penjelasan tentang kosakata
dan tata bahasa yang berkaitan dengan teks deskriptif/prosedur yang akan
dibaca. nirukan membaca nyaring dengan cermat dan kreatif .
3.
Memperhatikan penjelasan tentang langkah
retorika teks deskriptif/prosedur dengan
4.
Mengidentifikasi langkah retorika dalam
kerja kelompok secara cermat dan kreatif
5.
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
kerja kelompok
6.
Mengidentifikasi langkah retorika dan
berbagai informasi secara mandiri
|
Mengidentifikasi
berbagai informa
si dalam
teks deskriptive dan procedure
· Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks
descriptive dan procedure dengan cermat
· Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks
deskriptif/prosedur dengan cermat dan kreatif
· Mengidentifikasi langkah retorika teks
deskriptif/prosedur dengan cermat dan kreatif
· Menyebutkan ciri kebahasaan teks deskriptif/prosedur dengan cermat .
|
Tes lisan
Tes
tulis
|
Daftar pertanyaan
Uraian
|
- Read the text carefully and then answer the following
questions briefly
- Answer the questions based on the text!
|
4x40 menit
|
- Buku teks yang relevan
- Teks otentik
Alat peraga
|
· Cermat
· Kreatif
· Mandiri
|
11.3 Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esai pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive/procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima
|
Teks descriptive/procedure
Pronunciation
Intonation
Punctuation
|
1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring teks descriptive/procedure tentang pentingnya pronunciation, intonation, punctuation, kualitas
suara dengan jelas
2. Mendengarkan model membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan seksama
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda
sesuai model dengan seksama .
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan
jeda yang baik dan benar dengan percaya diri
|
Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan
baik dan benar
· Membaca kata, frasa dan kalimat dengan intonasi yang
benar secara jelas
· Membaca nyaring teks descriptive/procedure dengan baik dan benar secara cermat ..
|
Tes unjuk kerja
|
Melafalkan
Intonasi
Membaca
nyaring
|
Pronounce the following words or phrases correctly
Read the following sentences by applying correct
intonation!
Read the following text loudly!
|
2x40 menit
|
Buku teks
Teks otentik
|
· Percaya diri
· Seksama
|
Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Aloka
si
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
12.1 Mengungkapkan makna da-lam teks tulis fungsi-onal
pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk ber-interaksi dengan
lingkungan terdekat
|
·
Teks fungsional pendek berbentuk:
- Instruksi
- Daftar barang
- Kartu ucapan
- Pengumuman
·
Kosakata terkait tema/jenis teks
·
Ciri kebahasaan teks fungsional
|
1.
Tanya jawab yang berkaitan dengan materi dengan kreatif,inovatif dan cermat .
2. Membahas dan mengembangkan kosakata dan tata bahasa:
noun, noun phrase, adj, verb, adverb, simple pr tense, imperative dengan kreatif , inovatif,dan cermat .
3. Membuat frasa, kalimat sesuai dengan materi dengan cermat dan teliti .
4. Membahas struktur atau ciri teks tulis fungsional
pendek dengan berpikir logis, kritis
5. Membuat teks tulis fungsional pendek terpimpin atau
dengan teman dengan kreatif .
6. Membuat teks tulis fungsional pendek sendiri dengan bebas dan kreatif
|
· Menulis teks fungsional pendek
Berbentuk:
- Instruksi
- Daftar barang
- Pengumuman
- Ucapan selamat
Dengan
cermat dan teliti .
· Menulis kalimat sederhana dengan
cermat, teliti, dan mandiri .
|
Tes tulis
|
Melengkapi
Esai bebas
|
Complete the sentences
Write down your own shopping list based on the
situation given.
|
4x40 menit
|
-Buku teks
- Alat
peraga
- tempat-tempat umum yang ada teks fungsional
|
· Berpikir logis
· Kritis {
· Kreatif
|
|
12.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure
|
Teks
monolog berbentuk
Descriptive/procedure
|
1.
Mendengarkan dan
meres-pon introduction tentang penulisan teks monolog
deskriptif/prosedur
dengan
kreatif .
2.
Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tata bahasa yang berkaitan
dengan penulisan teks monolog deskriptif/prosedur secara cermat dan seksama
3.
Memperhatikan dan membaca teks deskriptif /prosedur dengan teliti .
4.
Menulis frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks
deskriptif/prosedur dengan kreatif
5.
Menulis teks deskriptif/prosedur dengan struktur teks yang benar dengan kreatif dan teliti .
|
· Melengkapi teks descriptive/procedure dengan kreatif .
· Menyusun teks cermat dan
seksama
· Menulis teks berbentuk
- Descriptive/procedure
dengan
kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Melengkapi
Menyusun teks
Esai
|
-Complete the blank
spaces correctly
Arrange the jumbled sentences into a good descriptive/procedure text
Write down a simple descriptive/procedure text based on the picture with
your own words
|
4x40 menit
|
Buku teks
Alat peraga
Teks otentik
|
·
Cermat
·
Kreatif
·
Seksama
|
|
EmoticonEmoticon